Belajar dari Pemain Bola (Part 2)

Image

 

Banyak pelajaran yang sesungguhnya bisa dipetik dari perjuangan para pemain bola. Pertandingan sepak bola pada akhirnya akan menentukan siapa yang berhak menang, tak peduli seberapa keras tim yang kalah berjuang menggiring bola. Lari pontang-panting terjatuh, sakit bahkan mungkin sampai cedera serius. Dari sini ada pelajaran yang menurut saya sangat berharga yang dapat kita ambil. Usaha…ya itulah pelajaran berharga tersebut. Usaha yang maksimal sampai kita sakit, terjatuh beratus-ratus kali pun belum tentu akan membuahkan sesuatu yang kita inginkan pada akhirnya. Kalau yang sudah usaha mati-matian saja belum tentu dapat apa yang diinginkan, apalagi yang tidak berusaha, atau berusaha tapi tidak maksimal. Alloh Maha Tahu dan saya percaya Alloh Melihat proses yang kita jalani,kita lalui dan kita usahakan untuk memperoleh yang menurut kita baik. Selalu ada hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil dari proses tersebut..selalu.
Ketika melalui proses itu,kita butuh seseorang entah itu teman, sahabat, saudara yang menguatkan kita, memberi motivasi, memberi solusi dan memberikan “lengan” untuk bersandar. Karena kita tidak akan pernah tahu seperti apa proses yang akan kita jalani, mungkin akan membuat kita sangat sakit, sangat terluka sangat rentan terhadap tekanan-tekanan mental. Di situlah, teman/sahabat yang baik selalu menguatkan kita.
Begitu juga dengan tim sepak bola, ada teman-teman satu tim yang selalu menguatkan,memberikan motivasi dan meyakinkan kita bahwa harapan itu selalu ada. Melangkah bersama, memantapkan visi dan misi dan “bersandar” sepenuhnya pada takdir Yang Maha Kuasa. Ah..sungguh indah kebersamaan tim sepak bola itu. Semua perbedaan seakan musnah. Agama, budaya, bahasa, status sosial, pendidikan,semuanya hilang karena yang ada hanya tinggal satu yakni harga diri bersama.

Depok, 21 November 2011.

This entry was posted in Daily Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s