Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara: Elemen Utama Good Governance Sebagai Tenaga Magnetic untuk Menarik Asing di Indonesia

Paper ini Terpilih sebagai Pemenang Kategori Mahasiswa dalam Lomba Karya Ilmiah BPK 2010

1.1 Latar Belakang

Investasi baik asing (PMA) maupun domestic (PMD) memiliki peran yang penting bagi pembangunan dan pertumbuhan  ekonomi sebuah negara terutama negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Ada korelasi positif antara investasi dan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan investasi akan menggerakan pertumbuhan ekonomi, hingga dapat memperbaiki standar kehidupan masyarakat, menambah kesempatan bekerja dan menurunkan angka kemiskinan[1]. Salah satu jenis Penanaman Modal Asing (PMA) yang bersifat sustainable yaitu Foreign Direct Investment (FDI). Data Bank Indonesia menunjukkan adanya pertumbuhan FDI yang berkolerasi positif dengan pertumbuhan PDB, dimana pertumbuhan PDB itu sendiri merupakan indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Grafik  1.1 Aliran FDI dan Pertumbuhan PDB Indonesia

Sumber: Laporan Tahunan BI, tahun 2008.

Banyak factor yang mempengaruhi tinggi rendahnya FDI yang masuk ke Indonesia. Diantaranya adalah:

  1. Liberalisasi perdagangan terutama penurunan tarif masuk barang import. Penurunan tariff impor berpengaruh positif terhadap aliran FDI.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan meningkatkan peluang investasi termasuk investasi asing.
  3. Tingkat resiko investasi yang terkait dengan resiko stabilitas sosial dan politik.[2]

Resiko investasi yang terkait dengan stabilitas sosial dan politik sangat besar pengaruhnya dalam mendorong   aliran masuk FDI ke Indonesia, bahkan lebih berpengaruh dibandingkan pertumbuhan ekonomi.  Stabilitas sosial dan politik termasuk diantaranya  adalah adanya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang mampu meminimalisir adanya praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta sistem pemerintahan yang stabil yang mampu meredam adanya gejolak politik.

Good governance memiliki elemen pokok yaitu transparansi dan akuntabilitas fiscal (keuangan) negara[3]. Good governance menjamin pemerintah, BUMN, BUMD dapat berjalan dalam era  globalisasi karena bagi investor baik asing maupun domestic, good governance menjadi indikator dalam mempertimbangkan dan menentukan keputusan investasi di suatu negara. Hal ini dikarenakan penerapan good governance akan menjamin adanya efektifitas birokrasi, kepastian hukum, efisiensi proses bisnis dan perangkat peraturan yang jelas bagi seluruh pemangku kepentingan dalam berinvestasi.

Untuk menjamin tercapainya transparansi dan akuntabilitas untuk mewujudkan good governance di suatu negara, diperlukan suatu lembaga yang mandiri dan independen yang bertugas untuk melalukan pemeriksaan terhadap keuangan negara, mengaudit setiap rupiah penerimaan dan pengeluaran negara. Lembaga ini di Indonesia disebut sebagai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

 Karya tulis ini mencoba menggali lebih dalam peran dan fungsi Badan Pemeriksa Keuangan dalam menjaga stabilitas sosial di Indonesia khususnya mengenai  transparansi dan akuntabilitas keuangan sehingga mampu mendorong aliran masuk PMA ke Indonesia.  

1.2 Rumusan Masalah

Karya tulis ini merumuskan beberapa permasalahan yang berhubungan dengan good governance dan investasi asing di Indonesia, di antaranya sebagai berikut:

  1. Bagaimana penerapan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara sebagai elemen utama good governance di Indonesia mempengaruhi aliran investasi asing yang masuk ke Indonesia?
  2. Sejauh mana peran yang dimiliki BPK dalam penerapan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara sebagai elemen utama good governance di Indonesia?
  3. Apa sajakah potensi yang dimiliki BPK untuk meningkatkan penerapan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara sebagai elemen utama good governance di Indonesia di masa depan?
  4. Bagaimana tantangan-tantangan yang dihadapi BPK dalam merealisasikan potensi yang dimilikinya?

 

 

 

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulis menyusun karya tulis ini adalah:

  1. Mengikuti kompetisi Karya Tulis yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.
  2. Menggali lebih dalam peran BPK dalam penerapan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara sebagai elemen utama good governance.
  3. Menjelaskan potensi dan tantangan yang dimiliki BPK dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara.

1.4  Metode Penulisan

Karya tulis ini disusun berdasarkan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data sekunder yang utamanya berasal dari studi literature, serta didukung oleh data-data sekunder lainnya yang relevan yang berasal dari publikasi-publikasi ilmiah, media massa, artikel yang terdapat dalam internet, hasil penelitian tokoh, dan data-data publik yang dipublikasikan oleh Bank Pemeriksa Keuangan maupun pusat-pusat penelitian keuangan Indonesia sebagai “pisau analisis” dalam menjawab permasalahan penulis angkat.

1.5 Manfaat Penulisan

Manfaat yang diharapkan dari karya tulis ini adalah meratanya wawasan dan pengetahuan yang mendalam dan comprehensive tentang hubungan antara transparansi dan akuntabilitas keuangan negara sebagai elemen utama good governance dengan aliran investasi asing yang masuk ke Indonesia serta bagaimana peran dan fungsi yang dimiliki oleh BPK dalam mewujudkan penerapan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara sebagai elemen utama good governance tersebut.  Dengan demikian, tentunya harapan yang jauh lebih besar adalah semakin kokohnya sistem control dan pemeriksaan keuangan di Indonesia untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan sehat guna mendukung perekonomian Indonesia kea rah yang lebih baik.


[1] Boediono, disampaikan dalam acara Jakarta International Investment Expo (Jivest) 2006 di Jakarta, Kamis (10/08).

[2] Laporan tahunan BI tahun 2008.

[3] Good Governance in Budgeting Process The Role of External Audit, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

This entry was posted in My Academic Writing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s