Sedikit tentang Kuala Lumpur

Sebenarnya saya mengunjungi Kuala Lumpur, Malaysia sudah hampir 3 tahun yang lalu tepatnya November 2010 ketika saya masih semester 7. Sudah cukup terlambat mungkin untuk membaginya dengan teman-teman, tetapi saya pikir daripada tidak sama sekali. Waktu itu saya pergi dengan seorang teman dan dalam rangka mengikuti international conference di Seri Pan Pasific Hotel Kuala Lumpur dimana kita belajar berbicara dengan bahasa Inggris di forum internasional. Masa-masa mahasiswa yang menyenangkan, penuh semangat dan mimpi-mimpi masa depan, apalagi waktu itu kita perginya mendapatkan sponsor dari kampus, dari departemen dan dari ikatan alumni.

Well, sebenarnya acara international conference nya satu hari, kita di Kuala Lumpur 4 hari, sisanya kita pakai untuk jalan-jalan dan mencoba kuliner Malaysia yang tidak jauh berbeda dengan kuliner Indonesia.

Perjalanan berharga dari trip ke Kuala Lumpur ini adalah pengalaman serba pertama kali buat saya dan teman saya, pertama kali berbicara di forum internasional, pertama kali ke luar negeri, pertama kali tau yang namanya tomyam, kue canai dan nasi lemak :D.  Meskipun serba pertama kali, alhamdulillaah kita tidak mengalami yang namanya nyasar di KL. Waktu itu ada senior di kampus yang berbaik hati menampung kami di apartemen keluarga kecilnya. Dari Bandara Sepang (bandara khusus armada Air As**) kami hanya ditunjukkan naik bis sampai stasiun LRT (Locomotif Rapid Transport, kemudian naik LRT sampai sini, dan perjalanan berjalan lancar. Inilah yang membuat kami sangat kagum dengan Malaysia, public transport nya yang sangat ramah kepada para pengunjung pertama kali seperti kami.

Hari pertama, kami habiskan di perjalanan Indonesia-Malaysia, mencari lokasi tempat int’l conference di googlemap dan tanya-tanya senior kami, ngobrol dengan senior kami sang pemilik apartemen yang baik hati.

Hari kedua, alhamdulillaah kami menemukan tempat int’l conference tanpa kesulitan. Kami dijadwalkan presentasi hari kedua, jadi hari pertama konferensi, kami habiskan untuk melihat situasi, belajar dari pembicara-pembicara yang presentasi hari pertama, mendengarkan pembicara utama yang merupakan guru-guru besar dari berbagai universitas ternama internasional meskipun kami terbata-bata berusaha memahami apa yang disampaikan oleh pembicara tersebut. Maklum, belum terbiasa dengan native :p

Selesai konferensi hari pertama, kami langsung kembali ke apartemen milik senior kami karena kami tidak berani jalan-jalan kemana-mana karena tujuan utama kami ke mari belum terlaksana. Malam itu, kami latihan presentasi sebaik-baiknya, melengkapi bahan presentasi kami dll seolah-olah besok adalah hari pertempuran besar.

Tibalah hari kedua konferensi (hari ketiga kami di KL), peserta konferensi dibagi-bagi dalam beberapa ruangan panel berdasarkan tema-tema paper yang berbeda. Secara umum presentasi kami berjalan lancar, kami dibantu oleh moderator untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari hadirin. Terimakasih bapak moderator :’)

Lega rasanya sudah presentasi, hari itu langsung kami habiskan untuk jalan-jalan dan menikmati Kuala Lumpur. Kami berburu buku diskon berbahasa Inggris di mall depan hotel tempat konferensi. Kemudian kami mengunjungi masjid jami dengan jarak hanya beberapa stasiun LRT dari hotel Seri Pan Pasific. Dari masjid Jami, kami melihat-lihat bangunan kuno dan menawan berasa di Eropa di pinggi jalan. Setelah itu kami ke manara kembar Petronas dengan menumpang LRT turun di stasiun KLCC. Puas foto-foto di depan petronas, kami masuk dan berniat menaiki menaranya. Sayang sekali, waktu itu jam9 malam dan sudah terlalu malam bagi pengunjung untuk naik ke menara. Padahal, kami sudah membayangkan pasti seru sekali melihat pemandangan kota Kuala Lumpur di malam hari.

Dari KLCC kami naik bis kota jurusan Gombak. Dari Gombak kami naik lagi bis kota jurusan Taman Melati, kami turun di kompleks warung kuliner dekat apartemen senior kami. Mencoba menu bernama tomyam untuk pertama kalinya. Dari situ kita pulang dan sampai apartemen sudah jam11 malam L

Paginya kami bersiap untuk kembali ke Indonesia. Jadwal pesawat kami sore hari waktu itu, paginya senior kami yang baik hati mengajak kami jalan-jalan ke kampus IIUM (International Islamic University of Malaysia), mengelilingi kampus, melihat-lihat. Kampus IIUM sangat besar, asri karena letaknya diperbukitan. Kemudian kami juga mngunjungi INCEIF, universitas inisiasi Bank Sentral Malaysia untuk memperoleh SDM keuangan dan ekonomi syariah karena minat yang besar pemerintah Malaysia terhadap keuangan dan ekonomi syariah. Suasana kampus di INCEIF sangat kondusif, suasananya belajar sekali.

Kami juga diceritakan oleh senior kami yang baik hati itu tentang biaya pendidikan di Malaysia yang relatif murah, biaya hidup yang juga relatif terjangkau, hanya biaya tempat tinggal yang mungkin agak mahal.

Setelah itu kami mencari oleh-oleh di pusat oleh-oleh dekat masjid Jami, membeli makanan untuk orang-orang yang berjasa pada perjalanan kami saat itu, membeli bros yang bagus-bagus dan amat terjangkau dan menuju bandara Sepang dengan rute dan kendaraan yang sama ketika kami tiba. Yang cukup disayangkan adalah kami tidak sempat mengunjugi bandara internasional Kuala Lumpur (Kuala Lumpur International Airport/KLIA) yang katanya sangat bagus dan modern. Namun, kami cukup puas dan senang dengan perjalanan kami tersebut. kami sangat terkesan dengan transportasi publik yang nyaman, terjangkau dan sangat ramah terhadap pelancong amatir seperti kami. Yang lebih menyenangkan lagi adalah LRT di sana tarifnya berdasarkan jarak, tidak dipukul rata per perjalanan, jadi semakin dekat jarak yang ingin kita tempuh dari stasiun awal kita berdiri maka semakin murah. Backpacker friendly kan? Semoga akan ada kesempatan untuk mengunjungi Kuala Lumpur lagi dan negeri-negeri yang lain. Aamiin.

See you on the next trip 😀

Depok, 01042013

Special thanks to tripmate  (Pspa), owner of our homestay (Mbk Fka and her little angel Kayysa), neither our very good lecturer nor our supporter  (Mbk Mrnt) Image

This entry was posted in Travelling. Bookmark the permalink.