Anomali Pengetahuan

       Entah kenapa tiba-tiba saya berfikir bahwa terkadang orang-orang yang lebih mengetahui dan lebih tidak paham hukum atau konsekuensi atas sesuatu, itu lebih berhati-hati, lebih mawas diri dan malah lebih takut terhadap hukuman. Saya lihat dan saya amati di sekitar saya, orang yang banyak tahu, banyak paham malah terkadang banyak excuse, banyak alasa-alasan yang menjadi pembenaran.

        Di sisi lain,orang yang tidak banyak tahu atau tidak mengetahui hokum atas sesuatua hal, lebih berhati-hati, lebih strict terhadap diri mereka sendiri karena takut melanggar.  Di balik keluguan mereka, tertidak ekspose nya oleh kehidupan, mereka senantiasa waspada dengan kata hati atau insting menjadi senjata.

         Namun yang perlu digaris bawahi adalah bahwa hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Saya hanya mengatakan hal ini terjadi terkadang. Oleh karenanya saya menyebutnya anomali. Dan akan sangat lebih bagus lagi adalah kita mengetahui dan paham akan hokum atau sesuatu perbuatan namun juga diikuti oleh kehatian-hatian dalam berbuat karena mengetahui dengan baik konsekuensi dari yang dilakukannya.

Wallohu’alam

 

Depok, 12052013

This entry was posted in Daily Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s