Preventif vs Kuratif

       Sekarang lagi baca buku parenting dari Ayah Edy yang berjudul Ayah Edy Menjawab. Bukunya bagus, dibahas case per case, nah.. beberapa hari yang lalu lagi baca case yang seru. Yakni tentang bagaimana cara melarang yang tepat. Berikut ringkasannya dengan sedikit gubahan dari saya.

        Bagaimana cara melarang yang tepat tersebut? Seringkali justru kekhawatiran akan apa yang kita larang lah yang terjadi. Hal ini karena saat melarang anak2, hasil akhir lah yang kita gunakan. Misalnya, “Jangan berlari,nanti jatuh!!. Pendekatan seperti ini dinamakan pendekatan kuratif karena menekankan hasil akhir. Teknik semacam ini kurang tepat dan malah sering kali apa yang kita khawatirkan benar-benar terjadi.

         Menurut Ayah Edy, seharusnya yang kita gunakan adalah pendekatan preventif. Jadi yang kita gunakan adalah kata-kata preventif seperti hati-hati, berhenti, diam di tempat, atau stop. Itu sebabnya kita sebaiknya tidak menggunakan kata “jangan” karena alam bawah sadar manusia tidak merespons dengan cepat kata “jangan”

          Alam bawah sadar berpikir dengan gambar. Selain itu yang didengar anak adalah kata terakhir sehingga jika kita katakan “jangan berlari” maka yang ia dengar adalah “berlari”. Oleh karena itu biasanya gerak refleknya adalah “berlari”.

Untuk itu hindari sebisa mungkin kata “jangan”. Carilah padanan positifnya, misal ketimbang mengatakan, “Jangan berlari,” katakanlah, “Berjalan pelan-pelan, ya Nak”

         Ganti kalimat “jangan nakal” dengan “anak baik dan patuh”. Dengan mengatakan hal-hal yang positif seperti itu, yang ditangkap alam bawah sadar anak adalah rajin, baik dan patuh sehingga ia akan menjadi seperti yang kita harapkan.

         Demikian resume tentang parenting ini, semoga bermanfa’at khususnya untuk saya sendiri karena saya sendiri juga belum berpengalaman menjadi orang tua, dan sangat ingin belajar. Semoga Dia memberikan kita kesempatan untuk menjadi orang tua yang baik,orang tua yang bertanggungjawab. Aamiin 🙂

Depok, 30062013

This entry was posted in Learning Outside. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s