Perjalanan Panjang Bernama PCPM

Ketemu lagi di tes PCPM BI di tahun 2013, mengikuti setiap prosesnya dari administrasi awal hingga sekarang. Kenapa ketemu lagi? Ya, karena tahun lalu yani 2012 saya juga mengikuti prosesnya bahkan lebih panjang dan melelahkan. Dan ternyata Alloh Belum Menghendaki saya untuk lolos PCPM 2012 dan harus gagal di tes kesehatan dimana itu udah tahap 7 dan sudah berjalan sekitar 7 bulan. Kecewa dan sedih sudah sangat pasti apalagi saya sangat ingin masuk BI tahun lalu itu, tapi begitulah hidup, apa yang baik menurut kita belum tentu baik menurutNya.

Saya pengen cerita sedikit tentang proses seleksi panjang PCPM BI tahun 2012 yang terdiri dari 8 tahapan, kalau seleksi administrasi masuk perhitungan.

  1. Tahap 0 : Administrasi

Seleksi administrasi dilakukan via internet atau online. Yang saya ingat waktu itu persyaratan administrasinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu ribet. Persyaratannya terdiri dari:

–          Ijazah yang telah dilegalisir

–          Transkrip nilai yang telah dilegalisir

–          Sertifikat TOEFL yang masih berlaku

–          Fotocopy KTP

–          Cuma itu sih yang saya ingat

2. Tahap 1: Tes Kemampuan Umum dan Tes Kemampuan Khusus

Seleksi kemampuan umum berisi tentang pengetahuan kita akan ke-BankSentral-an dan ekonomi. Penguman antara seleksi administrasi dengan tes kemampuan umum dan khusus ini sekitar satu bulan, begitu juga dengan jarak antar tes yang lain.

Seleksi kemampuan khusus disesuaikan dengan background jurusan pendidikan tinggi para peserta tes PCPM. Kenapa saya bisa tahu? Karena setelah tes tahap ini,saya berdiskusi dengan teman saya jurusan Komunikasi dan ternyata jenis pertanyaan tes nya berbeda dengan saya.

3. Tahap 2: Tes Psikotes dan Bahasa Inggris Dasar

Seleksi berikutnya adalah tes psikotes yang terdiri dari tes warteg dimana ada 8 kotakkecil dengan sedikit coretan di setiap kotaknya dan kita diminta untuk membuat gambar dengan coretan tersebut menjadi bagian dari gambar kita. Menggambar orang dan menggambar pohon. Di tes ini juga ada tes bahasa Inggris Dasar, disebut dasar karena tes nya masih sederhana yakni tes grammar.

4. Tahap 3 : FGD dan Wawancara Psikolog

Setelah lulus seleksi tahap 3, tes selanjutnya adalah Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara dengan Psikolog dari konsultan SDM yang bekerja sama dengan BI dalam proses seleksi.

Dalam FGD, peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang tiap kelompoknya terdiri dari 5-6 orang,kemudian kita diberi studi kasus tentang sebuah permasalahan yang dihadapi dalam dunia bisnis. Penilaian dari proses FGD ini adalah keaktifan dan inisiatif kita dalam berdiskusi, tetapi juga jangan sampi kita mendominasi.

Kemudian, dalam wawancara dengan psikolog kita ditanya mengenai pengalaman kerja kita jikka sebelumnya kita sudah bekerja,permasalahan yang pernah kita hadapi dalam pekerjaan dan cara menyelesaikannya, apa yang kita lakukan saat demotivasi, dll pertanyaan seputar diri kita.

5. Tahap 4: Tes TOEFL ITP

Pada tahap ini peserta dihadapkan pada tes bahasa Inggris yang sebenarnya yakni tes TOEFL ITP yang terdiri dari listening dan reading dimana di dalam reading terdapat grammer. Skor minimal untuk dapat lulus dari tes tahap ini adalah 500

6. Tahap 5: Tes  Psikiatri

Banyak orang menyebutnya dengan tes kejiwaaan, karena memang pertanyaan-pertanyaan dalam tes ini berkaitan dengan kejiwaan seseorang baik secara medis maupun psikologis misalnya:

  1. Saya sering mendengar suara-suara yang tidak didengar oleh orang lain
  2. Saya ingin bunuh diri
  3. Saya tidak pernah jatuh cinta
  4. Saya sering merasa tangan saya tiba-tiba panas dan kesemutan di beberapa bagian tubuh
  5. Dll yang pertanyaannya berjumlah ratusan

7. Tahap 6: Tes Kesehatan

Tes kesehatan banyak mengandung jebakan menurut saya, kenapa? Karena banyak orang yang merasa sehat-sehat wal’afiat tetapi ternyata dinyatakan tidak lolos dari tes ini,termasuk saya..hehe.  Kesalahan saya yang bisa saya identifikasi sehingga saya tidak lolos tes ini adalah saya tidak melakukan tes kesehatan secara mandiri sebelumnya untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan saya, sehingga kurang update dengan kondisi kesehatan saya, dan tentu saja juga adalah pola makan saya yang tidak sehat. Jadi, saran saya untuk teman-teman yang nanti mengikuti tes kesehatan untuk persyaratan masuk ke suatu institusi, lebih baik tes kesehatan mandiri terlebih dahulu sebulan atau dua bulan sebelumnya,agar mengetahui kondisi kesehatan sendiri lebih awal sehingga apabila ada yang kurang bisa diperbaiki.

Well, ada banyak tes yang diuji dari tes kesehatan ini dan lebih lengkap pada PCPM 2012 dibandingkan pada PCPM 2013 yang saya alami kemarin. Pada PCPM 2012, tes kesehatan yang diujikan terdiri dari:

– Tes darah puasa,

Pada setiap tes kesehatan kita akan diminta untuk berpuasa selama 10-12 jam sebelumnya untuk menguji kadar gula dalam darah, kolesterol dsb. Selama puasa tersebut, kita hanya diizinkan minum air putih

– Tes darah setelah puasa

Setelah darah puasa diambil, kemudian kita diminta makan. Dua jam setelah makan, darah kita diambil lagi

– Tes urine

– Tes urine diambil ketika kita masih berpuasa kecuali air putih.

– EKG

Saya tidak tahu kepanjangan EKG, hehe…tetapi di tes ini, badan kita dipasangi kabel yang ujungnya terdapat benda tumpul dimana kabel-kabel tersebut terhubung ke suatu alat berat. EKG dilakukan untuk mengetahui kesehatan jantung

– Rotgen

– Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik dilakukan oleh dokter umum yang terdiri dari cek telinga, gigi, mamografi pada perempuan untuk mengetahui ada tidaknya indikasi kanker payudara, dan yang paling khas dari tes kesehatan BI yakni ada tes ada tidaknya wasir.

– Tes Mata

Tes mata dilakukan dua kali,dengan dan tanpa dokter spesialis mata.

– Tes Tinggi dan Berat Badan

– Tes Tekanan Darah dan Nadi

8. Tahap 7: Wawancara Akhir

Lagi-lagi karena pada PCPM 2012, saya hanya sampai tes kesehatan, saya tidak bisa menceritakan banyak tentang tes tahap akhir ini. Pada tes ini, kita diwawancarai oleh user yang merupakan pejabat-pejabat BI.

Nah,sekarang saya mau bercerita tentang PCPM 2013 yang dibuka sekitar bulan Mei atau Juni 2013 kalau tidak salah. Ada beberapa perbedaan antara PCPM 2012 dengan PCPM 2013, selain dari perbedaan lembaga konsultan SDM sebagai penyelenggara, tahapan seleksi yang dan waktu jarak antara tahap seleksi juga berbeda, pada PCPM 2013 jarak antara tahap seleksi lebih cepat daripada PCPM 2012. Berikut tahapan seleksi PCPM BI 2013:

  1. Tahap 0: Seleksi Administrasi

Tidak jauh berbeda dengan PCPM 2012, pada seleksi administrasi PCPM 2013 ini persyaratan yang diminta sama, kecuali SKCK yang diminta pada PCPM 2013.

2. Tahap 1: Tes Pengetahuan Umum dan Pengetahuan Khusus

Hampir sama dengan PCPM 2012

3. Tahap 2: Tes TOEFL

Persyaratan skor minimal juga masih sama yakni 500. Jika ada peserta yang sudah memiliki skor di atas 500,maka tidak perlu lagi mengikuti seleksi tahap ini.

4. Tahap 3: Tes Psikotes, FGD dan Wawancara Psikolog

Pada PCPM 2012, ketiga tes ini dijadikan dua tahap, tetapi pada PCPM 2013 ini, ketiga tes tersebut dijadikan satu tahap. Pada tes psikotes, peserta diminta mengerjakan soal yang terbagi dalam 4 buku yang berbeda, tidak ada menggambar warteg maupun orang dan pohon, tetapi ada tes krepplin, yakni menjumlahkan angka yang sangat banyak dan rentang waktu yang lama.

FGD dan wawancara tidak jauh berbeda.  Hanya saja, FGD di PCPM 2013 ini jumlah peserta per kelompoknya lebih banyak daripada ketika PCPM 2012

5. Tahap 4: Tes Kesehatan dan Psikiatri

Pada PCPM 2013, alih-alih dijadikan 2 tahap seperti pada PCPM 2012, kedua seleksi ini dijadikan 1 tahap. Tes Psikiatri tidak jauh berbeda dengan 2012, namun soalnya lebih banyak ada 567 soal dengan waktu pengerjaan maksimal 2 jam. Alhamdulillaah, sebelum menjalani tes kesehatan PCPM ini, sekitar satu bulan sebelumnya, saya menjalani tes kesehatan mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatan saya,alhamdulillah hasilnya normal, meski kadar asam urat  lumayan tinggi walaupun masih dalam range normal. Semenjak tes kesehatan mandiri tersebut, saya sangat menjaga makanan saya dan lebih rajin  berolahraga, menghindari gorengan sebisa mungkin, dan hampir setiap pagi saya sarapan oatmeal..hehe. Semoga, semua ini membuahkan hasil baik..aamiin.

Tes kesehatannya berbeda, karena saya yang mengalami 2 kali tes kesehatan pada PCPM merasakan bahwa tes kesehatan 2013 ini tidak selengkap tes kesehatan PCPM 2013. Pada PCPM 2013, tes kesehatan yang diujikan terdiri dari:

– Tes darah dan urine puasa

– Tes darah dan urine tidak puasa

Nah,ini yang saya bingungkan, biasanya 2 jam setelah makan, kita hanya dites darah, tetapi ini urine juga.

– Rotgen

– EKG

– Mata

Pemeriksaan mata hanya diminta menyebutkan angka-angka yang didepan kita dengan jarak sekian meter, dengan mata ditutup salah satu satu bergantian. Tidak ada tes mata dengan spesialis, sedangkan pada PCPM 2012 ada tes mata dengan spesialis

– Tinggi dan berat badan

– Tekanan Darah dan Nadi

– Pemeriksaan Fisik

Pada pemeriksaan ini tidak mamografi seperti pada PCPM 2012

6. Tahap 5: wawancara akhir dengan Pejabat BI

Mohon do’a dari teman dan sahabat sekalian agar saya lolos tes psikiatri dan kesehatan agar saya bisa menceritakan lebih banyak tahap seleksi ini. Saya menulis ini pada H+2 tes psikiatri dan kesehatan

Semoga bermanfa’at

Depok,05November2013

This entry was posted in Daily Life and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perjalanan Panjang Bernama PCPM

  1. Imam Firdaus says:

    Tes mata. Buta warna meliputi gak ya ? Apakah ada yg gagal karna buta warna ?
    Saya buta warna parsial soalnya…
    Jawabannya ya , makasih 🙂

    • Salam kenal Imam Firdaus, tes buta warna iya ada juga..tapi saya kurang tau apakah ada yg gagal karena buta warna atau tidak. Namun sebenarnya hal ini bisa ditanyakan ke bagian SDM dengan prosedur tertentu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s