Bekerja Sambil Belajar (Part 1)

Sudah lama sekali rasanya tidak menulis dan kangen sekangen2 nya untuk menulis lagi. Meskipun tulisan ya gitu2 aja sih tapi ada kepuasan tersendiri klo sudah nulis.

Mungkin di tulisan yang skrg saya ingin cerita ttg apa yang saya kerjakan di kantor. Karena kantor saya adalah lembaga publik yg dibiayai oleh masyarakat juga, terkadang saya merasa perlu utk memaparkan apa yg saya kerjakan di kantor sbg sebuah bentuk transparansi (ecieee :p).

Saat ini saya bekerja di bagian pengembangan sistem di sebuah instansi publik di negara ini. Sebagai yg bukan lulusan IT, saya harus banyak belajar karena ditempatkan di bagian ini. Dan selain itu, saya juga jadi banyak belajar tentang pengembangan sistem dan seluk beluknya.

Secara garis besar proses pengembangan sistem mirip dengan proses pembuatan sebuah project mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga implementasi dan evaluasinya. Pengembangan sistem dimulai dengan penyusunan dokumen perencanaan yang secara garis besar terdiri dari gambaran umum sistem yang akan dibangun, kegunaan/manfaat sistem yang akan dibangun, ruang lingkup pengembangan yang terdiri dari ringkasan input, proses dan output dari sistem yang akan dibangun, risiko-risiko yang mungkin dihadapi dalam pengembangan sistem dan terakhir dan paling penting adalah timeline atau jangka waktu pengembangan. Sebelum perencanaan pengembangan ini, proses bisnis dari sistem yang akan dibangun juga harus dikuasai agar sistem yang dibangun dapat mengakomodir kebutuhan bisnis secara tepat dan akurat. Hal ini tidak terlepas dari tujuan utama dibangunnya sebuah sistem adalah untuk memudahkan proses bisnis yang ada agar lebih efisien.

Setelah dokumen perencaan disusun, dokumen-dokumen perencanaan dari beberapa sistem yang akan dibangun dikoordinator oleh satuan kerja koordinator (satker saya ditempatkan) kemudian disampaikan kepada satuan kerja pengembangan yang akan membuat sistem tersebut. Namun demikian, dokumen-dokumen ini tidak langsung dikembangkan begitu saja melainkan dirapatkan terlebih dahulu dalam suatu forum yang akan menentukan apakah sistem-sistem tersebut akan dibangun tahun ini atau tidak. Penentuan ini  didasarkan pada sebuah peringkat tertentu dengan parameternya adalah urgensi pengembangannya berdasarkan ketentuan yang mendasari dan prioritasnya diantara sistem yang lain. Dalam forum ini juga diputuskan apakah sistem akan dikembangkan secara inhouse atau melibatkan pihak ketiga/menggunakan vendor.

Setelah sistem diputuskan untuk dikembangkan tahun tersebut, maka dokumen perencanaan tersebut diserahkan kepada divisi pengembang di satker pengembangaan. Satker koordinator kemudian menyusun dokumen Spesifikasi Kebutuhan atau User Requirement yang merupakan versi detail dari dokumen perencaan. Dokumen UR ini kemudian dikirimkan kepada satuan kerja penyusunan  pengembangan sesuai dengan batas waktu yang disepakati pada rapat forum  di atas.

Tahap selanjutnya adalah pengembangan atau pembuatan sistem yang jangka waktunya ditentukan oleh ruang lingkup yang akan dikembangkan. Dalam tahap ini, satker koordinator yang menyampaikan dokumen-dokumen perencaan tadi tetap melakukan pendampingan untuk satker pengembangan.  Pada saat pengembangan yang membutuhkan waktu selama berbulan-bulan, satker pengembangan sering melakukan konfirmasi terhadap dokumen pengembangan kepada satker koordinator untuk memastikan bahwa sistem yang dibangun sesuai dengan koridor bisnis. Kenapa konfirmasi dilakukan kepada satker koordinator? Karena satker koordinator dianggap sebagai perwakilan pengguna sistem yang dibangun atau juga mewakili kebutuhan bisnis. Nah dalam proses konfirmasi inilah saya jadi banyak belajar mengenai proses bisnis dan teknis sistem, karena kita harus membaca lagi ketentuan atau peraturan yang mendasari pengembangan sistem tersebut. Serta mengkonfirmasi ulang kepada satuan kerja pengguna langsung dari aplikasi yang akan dibangun atau kepada satuan kerja yang memprakarsai pengembangan sistem tersebut.

Sampai di sini dulu ya. Sampai di sini semoga bermanfaat. Nanti disambung lagi di bagian dua karena proses pengembangan ini masih sangat panjang 🙂

Jakarta, 242017

This entry was posted in Daily Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s